ALQURIYAH , YUSROH (2012) Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Macromedia Flash Untuk Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Materi Rotasi Dan Revolusi Bumi Kelas X Administrasi Perkantoran Smk Pertiwi Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (383kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (249kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas belajar IPA materi rotasi dan revolusi bumi melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan macromedia flash kelas X Administrasi Perkantoran SMK Pertiwi Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) peningkatan hasil belajar IPA materi rotasi dan revolusi bumi melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan macromedia flash kelas X Administrasi Perkantoran SMK Pertiwi Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas dua siklus melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan macromedia flash. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Pertiwi Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Data diperoleh melalui tes, angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan macromedia flash dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA materi rotasi dan revolusi bumi kelas X Administrasi Perkantoran SMK Pertiwi Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa siklus I adalah 11,95 dan meningkat menjadi 13,78 pada siklus II. (2) Penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi rotasi dan revolusi bumi kelas X Administrasi Perkantoran SMK Pertiwi Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini, hasil belajar dilihat dari aspek kognitif dan aspek afektif. Berdasarkan hasil tes kognitif, persentase ketuntasan belajar siswa siklus I mencapai 42,1% dan siklus II 73,68%. Sedangkan dari aspek afektif, menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai afektif siswa dari 93,57 pada siklus I menjadi 95,84 pada siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A420/2012-03 |
Uncontrolled Keywords: | Direct Instruction, Macromedia Flash, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 29 Mar 2012 10:49 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 10:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17605 |
Actions (login required)
View Item |