Wijayanti, Reny Dwi (2012) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA PAda Materi Gaya Melalui Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan (Joyfull Learning) Pada Siswa Kelas VIIII B SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (162kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_ok.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : motivasi dan hasil belajar IPA kelas VIIIB SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta pada materi Gaya, Tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan strategi pembelajaran yang menyenangkan (model Joyfull Learning). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan (model Joyfull Learning) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I 40% meningkat menjadi 51,11% pada siklus II. 2) Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I, 4 siswa (66,67%) yang mendapat nilai diatas ≥60. Pada siklus II meningkat menjadi 5 siswa (83,33%) mendapat nilai diatas KKM. 3) Hasil belajar afektif siswa pada siklus I mencapai 70,28% meningkat menjadi 80,14% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: Penerapan strategi pembelajaran yang menyenangkan (Joyfull Learning) dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII B SMPLB YPSLB-C Kerten Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A420/2012-21 |
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, hasil belajar, strategi pembelajaran yang menyenangkan (model Joyfull Learning). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Mar 2012 08:12 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 08:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17557 |
Actions (login required)
View Item |