Puspita, Ratri Dian (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Usaha dan Jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia Pada siswa Kelas V SD Negeri 02 Buntar Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran SQ4R pada siswa kelas V semester II di Sekolah Dasar 02 Buntar Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V di SD Negeri 02 Buntar Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran IPS tentang Usaha dan Jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia kondisi awal/pra siklus dari jumlah 27 siswa, hanya 6 siswa yang tuntas hanya sekitar 26% masih tersisa 21 siswa atau 74% yang belum tuntas. Pada siklus I diketahui bahwa dari 27 siswa yang mencapai ketuntasan dari indikator KKM sebanyak 21 siswa atau 74% dan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa atau 26%. Pada siklus II dari 27 siswa yang telah tuntas 27 siswa atau mencapai ketuntasan maksimal yaitu 100%, yang berarti taraf ketuntasan maksimal yaitu 100%, yang berarti taraf ketuntasan siswa dalam I kelas telah mencapai di atas indikator pencapaian 85%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat menjawab yakni terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan metode pembelajaran SQ4R materi Usaha dan Jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 02 Buntar tahun 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPS, metode SQ4R. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 10:30 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 10:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17391 |
Actions (login required)
View Item |