Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Meetode Word Square pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kauman O2 Batang Tahun Ajaran 2011/2012

Priyatno, Ardhi (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Meetode Word Square pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kauman O2 Batang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan metode Word Square pada siswa kelas IV SD Negeri Kauman 02 Kecamatan Batang Kabupaten Batang tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dua kali siklus dan dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Kauman 02 yang berjumlah 23 siswa, subyek pelaku tindakan adalah guru. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui metode Word Square. Hasil belajar IPA sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh 9 siswa mencapai KKM (≥65) dengan nilai rata-rata 56,52 dan ketuntasan belajar 39,13%, pada siklus I diperoleh 15 siswa telah mencapai KKM (≥65) dengan nilai rata-rata 65,00 dan ketuntasan belajar 65,21%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan 20 siswa telah mencapai KKM (≥65) dengan nilai rata-rata 81,30 dan ketuntasan belajar 86,95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Word Square dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Kauman 02 Kecamatan Batang Kabupaten Batang tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-12
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode word square
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Mar 2012 06:21
Last Modified: 25 Jun 2012 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17345

Actions (login required)

View Item View Item