Wijayanti, Septiana (2012) Pembelajaran matematika dengan strategi snowball drilling sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar pada siswa smp negeri 1 grobogan kelas viii semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (102kB) |
|
|
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
PDF (Da pus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (889kB) |
Abstract
ABSTRAK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI SNOWBALL DRILLING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 1 GROBOGAN KELAS VIII SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/2012 Septiana Wijayanti, A 410 080 018, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 58 Halaman Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran Snowball Drilling pada siswa SMP kelas VIII. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Grobogan yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru, dan peneliti. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari indikator motivasi yang terus mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang antusias sebelum diberi tindakan sebanyak 8 siswa (21,05%), setelah dilakukan tindakan menjadi 31 siswa (81,58%). Jumlah siswa yang berani mengerjakan soal ke depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebanyak 3 siswa (7,89%), setelah dilakukan tindakan menjadi 9 siswa (23,68%). Jumlah siswa yang berani bertanya sebelum dilakukan tindakan sebanyak 3 siswa (7,89%), setelah dilakukan tindakan menjadi 10 siswa (26,32%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi Snowball Drilling dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Snowball Drilling, motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 16 Mar 2012 10:50 |
Last Modified: | 16 Mar 2012 10:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17328 |
Actions (login required)
View Item |