Hastiawan,, Avita Lingga (2012) Meningkatkan Ketrampilan siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Melalui Langkah Polya(PTK Pembelajaran Matematik Kelas X SMA Negeri 1 Karangrayung). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (281kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah agar guru matematika di SMA Negeri 1 Karangrayng dapat: Meningkatkan ketrampilan siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangrayung dalam menyelesaikan soal cerita pada Sistem Persamaan Linier Dua Variabel melalui penggunaan langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangrayung yang berjumlah 39 siswa dan dan subjek pelaksanaan tindakan kelas adalah guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV melalui langkah Polya. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Hasil tes siswa yang terampil mengerjakan soal dalam aloksi waktu ≤ 10 menit ada 35,8 ( 14 siswa) dan di akhir tindakan mencapai 53,8% ( 21 siswa). 2) siswa yang masih medapat nilai nilai ≥ 65 ada 35,8 ( 14 siswa) dan di akhir tindakan meningkat menjadi 79,5%(31 siswa). Dengan demikian peningkatan ketrampilan siswa dalam menyeleaikan soal cerita melalui langkah Polya dengan waktu ≤ 10 meningkat sebanyak 18% ( 7 siswa) dan 43,7% (17 siswa) yang tuntas medapat nilai nilai ≥ 65 dalam mengerjakan soal cerita. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan langkah Polya dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Langkah Polya ( langkah sistematis dalam menyelesaikan masalah terkait Soal Cerita |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 15 Mar 2012 08:55 |
Last Modified: | 15 Mar 2012 08:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17322 |
Actions (login required)
View Item |