Aldla sakti, Bayu Putri (2012) Hubungan Antara Persepsi Siswa terhadap Pendidikan Berbasis Internasional dengan Penyesuaian Diri dalam Pembelajaran pada Siswa SMA Negeri 1 Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf Download (115kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
Abstract
Penyesuaian diri siswa di sekolah dalam hal pembelajaran merupakan hal penting dalam kehidupan siswa. Siswa dalam pembelajaran di sekolah diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan baik. Sebab kemampuan siswa menyesuaikan diri dalam pembelajaran dapat menimbulkan kepercayaan diri dan rasa bertanggung jawab sebagai seorang siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri dalam pembelajaran adalah persepsi siswa terhadap Pendidikan Berbasis Internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan persepsi siswa terhadap Pendidikan Berbasis Internasional dengan penyesuaian diri dalam pembelajaran pada siswa SMA Negeri 1 Boyolali. (2) Sumbangan efektif persepsi siswa terhadap Pendidikan Berbasis Internasional terhadap penyesuaian diri. (3) Tingkat persepsi siswa terhadap Pendidikan Berbasis Internasional. (4) Tingkat penyesuaian diri terhadap Pendidikan Berbasis Internasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Boyolali. SMA Negeri 1 merupakan satu-satunya sekolah di Boyolali yang dalam pembelajarannya sudah menggunakan PBI. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Boyolali kelas X. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X1 dan X3 di SMA Negeri 1 Boyolali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap Pendidikan Berbasis Internasional dengan penyesuaian diri dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan hasil korelasi product moment r = 0,367 dengan p = 0,017 atau p < 0,05. (2) Sumbangan persepsi siswa terhadap Pendidikan Berbasis Internasional sebesar 0,135 atau 13,5%. Hal ini berarti masih terdapat 86,5% dari beberapa variabel lain yang mempengaruhi penyesuaian diri. Variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap penyesuaian diri dalam pembelajaran di antaranya yaitu penerimaan diri, dukungan keluarga, lingkungan teman sebaya, dan kecerdasan emosi. (3) Hasil persepsi siswa terhadap Pendidikan Berbasis Internasional tergolong tinggi. (4) Penyesuaian diri dalam pembelajaran tergolong tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak F100/2012-04 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa terhadap Pendidikan Berbasis Internasional dan Penyesuaian Diri dalam Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 12 Mar 2012 09:23 |
Last Modified: | 02 Jul 2012 05:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17306 |
Actions (login required)
View Item |