Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology And Society) Pada Siswa Kelas V SDN 01 Malanggetan Tahun 2011/2012

Hidayah, Nurul (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology And Society) Pada Siswa Kelas V SDN 01 Malanggetan Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V yang rendah serta belum memenuhi standar KKM yang telah ditentukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V terutama pada mata pelajaran IPA serta mengurangi tingkat kejenuhan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa lebih optimal dalam belajar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD N 01 Malanggaten. Sedangkan objek penelitiannya adalah model pembelajaran SETS dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu dengan menggunakan teknik interaktif model siklus dengan prosedur penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran pada siklus 1, jumlah siswa yang telah mencapai nilai KKM adalah 8 siswa atau 40 % dari jumlah siswa kelas V. Sedangkan pada siklus II, hasilnya meningkat menjadi 100 % atau semua siswa telah mencapai nilai KKM sehingga dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA pada materi “Sumber Daya Alam dan Penggunaannya” dengan menggunakan model pembelajaran SETS dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Malanggaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, model SETS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Mar 2012 10:11
Last Modified: 07 Mar 2012 10:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17251

Actions (login required)

View Item View Item