Studi Perbandingan Explicit Instruction Dengan ARIAS (Assrance, Revelance, Interenst Assesment, Satisfaction ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD MUHAMMADIYAH 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2011 / 2012

Prastya, Wiwing Eka (2012) Studi Perbandingan Explicit Instruction Dengan ARIAS (Assrance, Revelance, Interenst Assesment, Satisfaction ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD MUHAMMADIYAH 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan hasil belajar antara penggunaan metode Explicit Instruction dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS dan apakah hasil belajar matematika melalui penggunaan metode Explicit Instruction lebih baik dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta. Kelas VA berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan metode Explicit Instruction dan kelas VB berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran ARIAS. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Untuk uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas tes. Teknik uji prasyarat data analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara penggunaan metode Explicit Instruction dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS dan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan metode Explicit Instruction lebih baik dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas VA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Explicit Instruction adalah 80,1. Sedangkan nilai ratarata kelas VB sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ARIAS adalah 73,9. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa kelas V yang belajar menggunakan metode Explicit Instruction dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran ARIAS dan hasil belajar siswa kelas V melalui penggunaan metode Explicit Instruction lebih baik dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika, Explicit Instruction, ARIAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Mar 2012 11:09
Last Modified: 06 Mar 2012 11:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17233

Actions (login required)

View Item View Item