Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Melalui Permainan Monopoli Di Sd Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

PRASETYAWATI, ENY BUDI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Melalui Permainan Monopoli Di Sd Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V melalui Permainan Monopoli di SD Muhammadiyah 7 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 7 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara ,observasi, test, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Validitas data yang dilakukan adalah dengan trianggulasi data. Hasil Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan bahwa dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) melalui Permainan Monopoli terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 7 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hasil belajar siswa di atas KKM (60), pada siklus I: 60 % dan siklus II: 90%. Melihat bukti di atas, hasil anlisis data, dan pembahasannya, dapat diambil kesimpulannya seperti berikut ini: (1) Permainan Monopoli yang dibuat dengan baik dan digunakan secara intensif mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah 7 Surakarta, (2) Penggunaan Permainan Monopoli dalam proses pembelajaran juga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Monopoli
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2012 11:06
Last Modified: 02 Mar 2012 11:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17162

Actions (login required)

View Item View Item