Kinanti, Rike Aulia Laras (2012) Pengaruh Pemanfaatan Internet dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (233kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (141kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet dengan prestasi belajara mahasiswa Ekonomi Akuntansi angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012; 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Ekonomi Akuntansi angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012; 3) Untuk mengetahui pengaruh antara pemanfaatan internet dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Ekonomi Akuntansi angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2008 universitas muhammadiyah surakarta. Sampel diambil sebanyak 119 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,166- 0,013X1 - 0,008X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh pemanfaatan internet dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh negatif yang signifikan pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2008. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung < ttabel, yaitu -5,465 < 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 24,5%; 2) Ada pengaruh negatif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2008. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung < ttabel, yaitu -2,470 < 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,015, dengan sumbangan efektif sebesar 6,6%; 3) Ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan internet dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2008. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 26,218 > 3,074 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,311. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,311 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara pemanfaatan internet dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 31,1% sedangkan 68,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Internet, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Mahasiswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Mar 2012 09:28 |
Last Modified: | 17 Jan 2019 07:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17131 |
Actions (login required)
View Item |