Pengaruh Sikap Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Dayu Kec. Karangpandan Tahun Pelajaran 2010/2011

Purnomo, Joko (2011) Pengaruh Sikap Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Dayu Kec. Karangpandan Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas III di SD Negeri 01 Dayu Kec. Karangpandan tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 01 Dayu Kec. Karangpandan tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah keseluruhan 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dengan jumlah item soal 25 butir untuk sikap belajar dan 25 butir untuk motivasi belajar. Sedangkan prestasi belajar IPS diambil dari nilai raport semester gasal. Dari penelitian diketahui bahwa sikap belajar siswa memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung 2.329 > ttabel (/2; df = n – 1  2,023) dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 <  (0,05). Motivasi belajar siswa memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung 2.953 > ttabel (/2; df = n – 1  2,023) dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 <  (0,05). Dari hasil analisis uji t diketahui bahwa motivasi belajar siswa memberikan pengaruh lebih besar terhadap prestasi belajar IPS bila dibandingkan sikap belajar. Hal ini terbukti dari nilai thitung motivasi belajar (2.953) > thitung sikap belajar siswa (2.329). Begitu juga sumbangan efektif yang diberikan motivasi belajar siswa lebih besar terhadap prestasi belajar IPS bila dibandingkan sikap belajar siswa. Dimana besar SE motivasi belajar sebesar 42.8% > SE sikap belajar siswa sebesar 33.3%. Berdasarkan hasil analisis uji F (uji kecocokan model) diketahui bahwa secara bersama-sama sikap belajar siswa dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini terbukti dari nilai Fhitung sebesar (58.851) > Ftabel (2,87).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap belajar, motivasi belajar, dan prestasi belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Feb 2012 08:23
Last Modified: 27 Feb 2012 08:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17047

Actions (login required)

View Item View Item