Idawati, Idawati (2011) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Peta Konsep Dengan Menggunakan Media Gambar Pokok Bahasan Sistem Perencanaan Manusia Siswa Kelas V SD N 2 Sorogaten Klaten Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (151kB) |
|
|
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang system pencernaan manusia melalui metode peta konsep dengan mengguanakan media gambar siswa kelas V SD Negeri 2 Sorogaten Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten tahun ajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sorogaten Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar IPA tentang sistem pencernaan manusia setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui metode peta konsep dengan mengguanakan media gambar. Pada siklus 1 ada peningkatan dari nilai rata-rata 58,58 (kondisi awal) menjadi 67,65 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 29,42% menjadi 70,58%. Siklus II terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 67,65 menjadi 84,29 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 70,58% menjadi 94,11%. Berdasarkan simpulan, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa melalui metode peta konsep dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang sistem pencernaan manusia pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sorogaten Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, peta konsep, media gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 23 Feb 2012 05:45 |
Last Modified: | 23 Feb 2012 05:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17024 |
Actions (login required)
View Item |