Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Peta Konsep Dengan Menggunakan Media Gambar Pokok Bahasan Sistem Perencanaan Manusia Siswa Kelas V SD N 2 Sorogaten Klaten Tahun Ajaran 2011/ 2012

Idawati, Idawati (2011) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Peta Konsep Dengan Menggunakan Media Gambar Pokok Bahasan Sistem Perencanaan Manusia Siswa Kelas V SD N 2 Sorogaten Klaten Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang system pencernaan manusia melalui metode peta konsep dengan mengguanakan media gambar siswa kelas V SD Negeri 2 Sorogaten Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten tahun ajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sorogaten Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar IPA tentang sistem pencernaan manusia setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui metode peta konsep dengan mengguanakan media gambar. Pada siklus 1 ada peningkatan dari nilai rata-rata 58,58 (kondisi awal) menjadi 67,65 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 29,42% menjadi 70,58%. Siklus II terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 67,65 menjadi 84,29 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 70,58% menjadi 94,11%. Berdasarkan simpulan, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa melalui metode peta konsep dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang sistem pencernaan manusia pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sorogaten Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, peta konsep, media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Feb 2012 05:45
Last Modified: 23 Feb 2012 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17024

Actions (login required)

View Item View Item