Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Metode Active Knowledge Sharing dan The Study Group Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Wonogiri)

Purwati, Titik (2011) Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Metode Active Knowledge Sharing dan The Study Group Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, (1) perbedaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Wonogiri. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa, yang terdiri dari 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Clusterr Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FA = 4,352, (2) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa, dengan nilai FB = 25,483, (3) tidak ada interaksi penggunaan model pembelajaran ditinjau dari aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FAB = 0,116.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-13
Uncontrolled Keywords: Active Knowledge Sharing, The Study Group, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 22 Feb 2012 11:02
Last Modified: 21 Jun 2012 04:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17015

Actions (login required)

View Item View Item