Hartanti, Galuh Mustika (2011) Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Benda Dan Sifatnya Pada Siswa Kelas IV SDN Ngumbul 03 Todanan Blora Tahun Ajaran 2011/2012 TODANAN BLORA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
DEPAN_COVER.pdf Download (165kB) |
|
|
PDF (Bab.I)
BAB_1.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab.II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (Bab.III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab.IV)
BAB_IV-V_new.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_1-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
Abstract
Permsalahan yang terjadi di SDN Numbul 03 yaitu rendahnya hasil belajaran IPA materi benda dan sifatnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi benda dan sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri Ngumbul 03 Todanan Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngumbul 03 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang berupa informasi dari guru, dan siswa tentang tindakan yang diterapkan. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil observasi, dokumen, tes dan wawancara. . Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif yang dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi benda dan sifatnya. Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 58,4333%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 71,8667% ( mengalami peningkatan sebesar 13,433% ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 84,2667% ( mengalami peningkatan sebesar 12,40% ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Model pembeljaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, Think-Pair-Share (TPS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 08:18 |
Last Modified: | 22 Feb 2012 08:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17007 |
Actions (login required)
View Item |