Peningkatan minat belajar matematika melalui strategi pembelajaran Group Investigation dengan tutor sebaya pada pokok bahasan Persegi Panjang dan Persegi bagi siswa kelas VII B semester genap SMPN 2 Ngrambe

Rasiota, Bagas (2011) Peningkatan minat belajar matematika melalui strategi pembelajaran Group Investigation dengan tutor sebaya pada pokok bahasan Persegi Panjang dan Persegi bagi siswa kelas VII B semester genap SMPN 2 Ngrambe. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui tentang : Meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Ngrambe. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP N 2 Ngrambe. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VII B SMP N 2 Ngrambe sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan keinginan siswa untuk menjawab pertanyaan, sebelum dilakukan tindakan 25% meningkat menjadi 53,12%; 2) Ada peningkatan keinginan siswa dalam bertanya, sebelum dilakukan tindakan 31,25% meningkat menjadi 65,62%; 3) Ada peningkatan mengerjakan soal latihan di depan kelas, sebelum dilakukan tindakan 28,12% meningkat menjadi 59,37%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Group Investigation dengan tutor sebaya dapat meningkatkan minat belajar matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, Group Investigation, tutor sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 22 Feb 2012 05:59
Last Modified: 22 Feb 2012 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17001

Actions (login required)

View Item View Item