Pengaruh Tayangan Media Televisi Edukasi Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Budi Pekerti Siswa Kelas 5 Sd Negeri 01 Gayamdompo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Ambarwati, Kurnia Dwi (2011) Pengaruh Tayangan Media Televisi Edukasi Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Budi Pekerti Siswa Kelas 5 Sd Negeri 01 Gayamdompo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pusaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan sistem informasi, khususnya melalui media televisi yang telah menjadi konsumsi utama bagi anak-anak. Sementara itu, televisi banyak membawa beragam program tayangan yang bersifat positif dan negatif.. Seperti memahami bagaimana dampak siaran televisi terhadap pendidikan moral yang identik dengan pendidikan budi pekerti dirasa sangatlah penting. Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan terpenting, keluarga selalu mempengaruhi pertumbuhan budi pekerti tiap-tiap manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayangan media televisi edukasi dan pola asuh orang tua terhadap budi pekerti siswa kelas 5 SD Negeri 01 Gayamdompo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu pendekatan guna menggambarkan suatu fakta, dan mengaitkan fakta-fakta yang ada secara rasional dan logis dengan mendasarkan pada pendekatan matematis. Uji validitas data dilakukan dengan teknik korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas angket dilakukan dengan teknik alfa crossbanch. Sedangkan analisis pengaruh media televisi edukasi dan pola asuh orang tua terhadap perkembangan budi pekerti siswa dilakukan dengan teknik regresi linier ganda. Semua teknik kuantitatif ini dilakukan pada signifikansi 5% atau derajat kepercayaan 95%. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua data yang diperoleh dari angket memiliki nilai alfa -0.440 dan 1.056. Nilai tersebut menunjukkan bahwa data yang diperoleh cukup valid pada signifikansi 5%, dan angket yang digunakan dianggap reliabel secara statistik pada signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN 01 Gayamdompo masih sangat minim dalam melihat tayangan media televisi edukasi. Pola asuh orang tua siswa sudah cukup baik namun orang tua kurang mengarahkan anaknya dalam melihat tayangan telvisi, pengaruh program-program siaran televisi bagi perkembangan budi pekerti siswa ditunjukkan dengan persamaan regresi Y= - 1291.23 + 2.420X1 + 15.501X2. Nilai negatif dalam koefisien regresi menunjukkan bahwa program-program yang disaksikan anak lebih banyak membawa dampak negatif dari pada postifnya. Hal ini terjadi karena anak pada kenyataannya masih lebih banyak menyaksikan tayangan yang dewasa, dan anak masih tidak merasa tabu untuk menyaksikan tayangan yang kurang bagus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budi pekerti,media televisi, edukasi ,pola asuh orang tua.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:35
Last Modified: 22 Feb 2012 04:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16995

Actions (login required)

View Item View Item