Pristyningrum, Wahyu Endah (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Accelerated Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri 01 Sepanjang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (175kB) |
|
|
PDF (bab.I)
03._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 01 Sepanjang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Instruction) pada materi pokok sifat dan wujud benda. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 48,14% (13 siswa) mendapat nilai ≥65 (KKM) dari 27 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar aspek kognitif siswa meningkat menjadi 66,66% (18 siswa) dari 27 siswa, sedangkan dalam aspek afektif sebesar 66,66% (18 siswa) menunjukkan kesiapan dalam menerima pelajaran, 70,37% (19 siswa) menunjukkan kedisiplinan dalam proses pembelajaran, 62,96% (17 siswa) menunjukkan keaktifan dalam bertanya, 66,66% (18 siswa) menunjukkan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, 51,85% (14 siswa) menunjukkan keaktifan dalam berpendapat. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar aspek kognitif siswa mengalami peningkatan sebesar 18,52% dari siklus I menjadi 85,18% (23 siswa) dari 27 siswa. Aspek afektif juga mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II ini, yaitu siswa yang menunjukkan kesiapan dalam menerima pelajaran meningkat sebesar 14,82% menjadi 81,48% (22 siswa), kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran meningkat sebesar 11,11% menjadi 81,48% (22 siswa), keaktifan siswa dalam bertanya meningkat sebesar 14,82% menjadi 77,78% (21 siswa), keaktifan dalam menjawab meningkat sebesar 18,52% menjadi 85,18% (23 siswa), kekatifan siswa dalam berpendapat meningkat sebesar 22,22% menjadi 74,07% (20 siswa). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 01 Sepanjang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe TAI, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 04:05 |
Last Modified: | 22 Feb 2012 04:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16994 |
Actions (login required)
View Item |