Aminah, Siti (2012) Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (158kB) |
|
|
PDF (Bab.1)
03._BAB_I.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Fulltexs)
10._FULL_TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran PKn melalui pendekatan Kooperatif dengan metode pembelajaran Role Reversal Questions untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase keaktifan sebelum tindakan 33, 33% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 52, 88% dan siklus II adalah 71, 29%. Siswa yang mencapai daya serap ≥70 sebelum tindakan 32, 14% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 69, 23% dan siklus II adalah 81, 48%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A510/2012-15 |
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif, Role Reversal Questions, Keaktifan, hasil belajar PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 11:10 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 09:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16989 |
Actions (login required)
View Item |