Ningsih, Eka Nugraha (2011) Prestasi Belajar ditinjau dari penggunaan media Elektronika dan Kreativitas belajar siswa kelas XI-IS SMA AL Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (276kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan media elektronika terhadap Prestasi belajar siswa, 2) pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) pengaruh penggunaan media elektronika dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-IS SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 202 siswa dengan sampel sebanyak 50 siswa yang diambil dengan teknik Simple Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=71,858 + 0,111 X1 + 0,110 X2, artinya prestasi belajar dipengaruhi penggunaan media elektronika dan kreativitas belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) penggunaan media elektronika berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,942 > 2,000 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,850 > 2,000 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) penggunaan media elektronika dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 3,510 > 3,15 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel penggunaan media elektronika memberikan sumbangan efektif 9,0%. variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan efektif 12,0%, sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 21,0%, sedangkan 79, 0% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A210/2012-16 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Belajar, Prestasi, Media, Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 20 Feb 2012 08:43 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 05:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16944 |
Actions (login required)
View Item |