Anisa, Naim (2011) Studi Komparasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Antara Metode Penerapan Numbered Heads Together (NHT)Dengan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._halaman_depan.pdf Download (242kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (100kB) |
|
PDF (lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) |
Abstract
STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA METODE PENERAPAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2011/2012 Naim Anisa, A210070154, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011 Tujuan penelitian : Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara yang menggunakan Metode Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan Metode Diskusi pada Siswa VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Populasi penelitian seluruh kelas VIII sebanyak 6 kelas yang jumlahnya 180 siswa, sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan metode NHT (Numbered Heads Togheter) dan kelas kontrol menggunakan metode Diskusi, diambil secara cluster random sampling. Kemudian kedua sampel dilakukan uji matching untuk mengetahui apakah kemampuan awalnya seimbang. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan menggunakan taraf 0,05 disimpulkan : thitung < ttabel, yaitu 1,375 < 2,002 dan nilai signifikansi > 0,05, yaitu 0,174. Berarti H0 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan metode NHT dan metode diskusi adalah sama atau tidak berbeda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi ditinjau dari metode mengajar dengan menggunakan metode NHT (Numbered Heads Together)dan metode Diskusi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A210/2012-11 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Metode Penerapan Numbered Heads Together (NHT), Metode Diskusi dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 18 Feb 2012 06:23 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 06:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16940 |
Actions (login required)
View Item |