Strategi Pengembangan Klaster Industri Genteng dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi kasus : Perusahaan Genteng di Karanggeneng Boyolali)

LUMSARI, UYU (2007) Strategi Pengembangan Klaster Industri Genteng dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi kasus : Perusahaan Genteng di Karanggeneng Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang menentukan strategi pengembangan Klaster Industri Genteng di Karanggeneng Boyolali. Dalam dunia usaha atau industri persaingan sangatlah penting bagi keberhasilan atau kegagalan perusahaan. Persaingan menentukan kegiatan yang perlu bagi perusahaan untuk berprestasi, berinovasi dan implementasi yang baik. Untuk dapat tetap kompetitif diperlukan adanya suatu konsep analisis yang mendalam akan faktor internal dan eksternal yang dimiliki oleh Klaster Industri Genteng di Karanggeneng Boyolali. Adapun analisis yang sering digunakan dalam dunia industri, yaitu dengan menggunakan analisis SWOT untuk menyusun strategi guna memenangkan persaingan bisnis dengan menggunakan Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) yang ada di Klaster Industri Genteng. Pada Matrik Daya Tarik Industri (MDTI) untuk melihat posisi Klaster Industri Genteng berada dimana dilihat dari kekuatan bisnis dan daya tarik industri yang dimiliki oleh Klaster Industri Genteng di Karanggeneng Boyolali. Dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung, wawancara dengan para pengusaha genteng, studi pustaka dan penyebaran kuesioner pada para pengusaha genteng sebanyak 32 responden. Setelah data diperoleh kemudian diolah dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pada pendekatan kuantitatif diperoleh hasil pada analisis SWOT untuk kekuatan dan kelemahan diperoleh skor 1,689 sedangkan skor untuk peluang dan ancaman adalah 0,001 sehingga apabila skor dimasukkan kedalam tabel SWOT maka berada pada kuadran I (pertama) dimana Klaster Industri Genteng memiliki kekuatan Internal namun disaat yang bersamaan memiliki berbagai peluang untuk berkembang. Pada Matrik Daya Tarik Industri diperoleh skor 5,861 untuk kekuatan bisnis dan untuk daya tarik industri diperoleh skor 4,64 dimana posisi Klaster Industri Genteng tersebut berada pada sel investasi dan tumbuh yang artinya bahwa unit usaha strategis yang paling menjanjikan dan memiliki prospek berkembang lebih jauh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Klaster Industri, Analisis SWOT, MDTI.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Feb 2012 06:22
Last Modified: 16 Feb 2012 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16872

Actions (login required)

View Item View Item