Hubungan Antara Promosi Penjualan dengan Perilaku Konsumtif pada Ibu Rumah Tangga

PROBORINI, DYAH ISWARI (2007) Hubungan Antara Promosi Penjualan dengan Perilaku Konsumtif pada Ibu Rumah Tangga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.PDF

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (34kB)

Abstract

Perilaku konsumtif, setiap orang pasti pernah mendengar istilah tersebut. Perilaku konsumtif, setiap orang pasti akan menyamakannya dengan perilaku konsumsi, walaupun secara tata bahasa memiliki arti yang berbeda. Perilaku konsumtif adalah tindakan nyata individu (konsumen) yang dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal seperti usia, kepribadian dan konsep diri, motivasi, persepsi, kepercayaan dan sikap dan faktor eksternal seperti pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, pembelajaran dan promosi. Bentuk promosi yang dipakai bisa beraneka ragam seperti iklan, promosi penjualan, publikasi maupun direct selling yang berkembang semakin bervariasi dan gencar. Promosi penjualan sering menarik orang untuk beralih merek, terutama yang mencari harga murah atau hadiah. Secara langsung maupun tidak langsung, berbagai bentuk promosi ini yang menyebabkan timbulnya hasrat konsumtif yang menimbulkan pola hidup konsumtif. Gejala-gejala ini mengindikasikan adanya kecenderungan perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara promosi penjualan dengan perilaku konsumtif pada ibu rumah tangga.Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara promosi penjualan dengan perilaku konsumtif pada ibu rumah tangga. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga di Perumahan Gebang Yogya. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala promosi penjualan dan skala perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dengan menggunakan teknik statistik analisis Product Moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,490, koefisien determinan (r²) sebesar 0,241 dengan p<0,010. Hal ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara promosi penjualan dengan perilaku konsumtif. Mean empirik variabel promosi penjualan sebesar 91,596 dengan mean hipotetik sebesar 100 ini berarti pengaruh promosi penjualan adalah sedang. Mean empirik variabel perilaku konsumtif sebesar 77,088 dengan mean hipotetik sebesar 105, hal ini berarti perilaku konsumtif ibu rumah tangga di Perumahan Gebang adalah rendah.Sumbangan efektif variabel promosi penjualan terhadap perilaku konsumtif sebesar 24,1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsumtif, ibu rumah tangga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Feb 2012 11:10
Last Modified: 07 Feb 2012 11:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16733

Actions (login required)

View Item View Item