Studi Komparasi Metode Ceramah Dan Metode Kooperatif tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Bela jar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2011 / 2011

Suryawan, Ari (2011) Studi Komparasi Metode Ceramah Dan Metode Kooperatif tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Bela jar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2011 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA dengan menggunakan metode ceramah dan metode kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah pene litian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 3 kelas yang berjumlah 105 siswa. Sampel diambil dari sebagian populasi dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode ceramah dan metode kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (3,73 >1,67) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Prestasi belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw (83,43) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan metode ceramah (73,54) atau terdapat selisih (0,98). Artinya pembelajaran dengan metode kooperatif tipe jigsaw lebih baik (lebih efektif) dalah meningkatkan prestasi belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode ceramah, metode kooperatif tipe jigsaw dan prestasi belajar IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jan 2012 06:06
Last Modified: 10 Jan 2012 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16492

Actions (login required)

View Item View Item