Pembelajaran PKn Menggunakan Metode Permainan Ukar Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan HAsil Belajar siswa Kelas III SDN Blulukan I Colomadu

WULANSARI, MEDIYA (2011) Pembelajaran PKn Menggunakan Metode Permainan Ukar Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan HAsil Belajar siswa Kelas III SDN Blulukan I Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendiskripsikan proses pembelajaran PKn menggunakan metode Permainan Ular Tangga, 2) meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran PKn, 3) meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode Permainan Ular Tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SDN Blulukan I Colomadu yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang antusias dalam belajar sebelum tindakan sebesar 23,3%, sesudah tindakan menjadi 70,5%, 2) siswa yang mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 17,6%, sesudah tindakan naik menjadi 58,8%, 3) siswa yang menanggapi pertanyaan yang diajukan guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 35,2%, sesudah tindakan naik menjadi 100%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai > 70 sebesar 46,1%, sesudah tindakan naik menjadi 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode Permainan Ular Tangga dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode Permainan Ular Tangga, motivasi, basil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jan 2012 06:35
Last Modified: 04 Jan 2012 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16421

Actions (login required)

View Item View Item