Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Sumber Daya Alam Indonesia dengan Pendeketan Pembelajaran Interaktif Berbasis Media Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tunggul 2 Kecamatan Gondang Sragen Tahun 2010/2011

Setyaningsih, Yayuk Sri Kris (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Sumber Daya Alam Indonesia dengan Pendeketan Pembelajaran Interaktif Berbasis Media Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tunggul 2 Kecamatan Gondang Sragen Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS tentang Sumber Daya Alam Indonesia dengan pendeketan pembelajaran interaktif berbasis media pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggul 2 Kecamatan Gondang Sragen Tahun 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV di SD Negeri Tunggul 2 Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I kondisi pembelajaran menggunakan pendekatan interaktif berbasis media belum mencapai taraf ketuntasan dari 25 siswa hanya 14 siswa yang tuntas atau 64 % tuntas. Pada siklus 11 ketidaktuntasan siswa berkurang tinggal 5 siswa atau sebanyak 20 siswa tuntas dengan presentase 80 % dan pembelajaran siklus III jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 22 anak atau 88% tuntas, sedangkan yang belum tuntas tinggal 3 siswa atau 12 %.Oleh karena itu pemberian treatment pada pembelajaran IPS dilakukan hanya sampai pada siklus III. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni Penerapan pembelajaran interaktif berbasis media dapat meningkatkan basil belajar IPS tentang sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggul 2 Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen Tahun 2010/2011" dapat terjawab/dapat terbukti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan interaktif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jan 2012 05:44
Last Modified: 04 Jan 2012 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16415

Actions (login required)

View Item View Item