PURWATI , TRI (2011) Pengelolaan Pembelajaran IPS dengan Contextual Teaching and Learning Pada Siswa MTs Negeri Gemolong Kabupaten Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
Abstract
Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan persiapan pembelajaran IPS dengan CTL di MTsN Gemolong Sragen (2) mendeskripsikan proses pembelajaran IPS dengan CTL di MTsN Gemolong Sragen (3) mendeskripsikan evaluasi dalam pembelajaran IPS dengan CTL di MTsN Gemolong Sragen. Penelitian ini mengambil lokasi di MTsN Gemolong Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian kualitatif terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian (1) Perencanaan pembelajaran IPS dengan pendekatan CTL adalah dengan menyusun prota, promes, silabus dan RPP sesuai dengan Kurikulum KTSP, (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan pendekatan CTL di MTsN Gemolon Kabupaten Sragen dengan menggunakan metode kontrutivisme (Contruktivism), menemukan (Inquiry), serta bertanya (Questioning). CTL terbukti mampu menumbuhkan sikap positif terhadap siswa terhadap mapel IPS , hal ini disebabkan karena pembelajaran dengan CTL penyampaian dapat menyenangkan, mudah dipahami, tidak membosankan, dan menunjukkan bahwa IPS banyak kegunaannya. Pelaksanaan pembelajaran CTL guru memilih dan menyesuaikan materi dengan lingkungan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (kontekstual) dan tingkat kognitif siswa. Pelaksanaan CTL dilakukan oleh guru dengan memberikan contoh nyata, sehingga mampu menanamkan sikap positif pada siswa. (3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS dengan pendekatan CTL di MTsN Gemolong Sragen Kabupaten Sragen ) dilakukan oleh guru sebelum dan sesudah pembelajaran, evaluasi harian, dan evaluasi tengah semester dan akhir semester dengan mencakup tiga ranah, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata kunci : pengelolaan, pembelajaran, Contextual Teaching Learning
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pembelajaran, Contextual Teaching Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 23 Dec 2011 10:52 |
Last Modified: | 23 Dec 2011 10:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16306 |
Actions (login required)
View Item |