Hubungan antara Kualitas Informasi dengan Kinerja Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) di Wilayah Kabupaten Ngawi

Chomsiyah, Siti Nurul (2011) Hubungan antara Kualitas Informasi dengan Kinerja Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) di Wilayah Kabupaten Ngawi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_COVER.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)

Abstract

Kinerja simpus dapat diartikan suatu tingkat pencapaian hasil kerja simpus yang sudah berjalan untuk memenuhi tujuan dan fungsinya. Suatu sistem berbasis komputer yang dimanfaatkan untuk mengelola informasi pelayanan pasien, dalam hal ini simpus harus memperhatikan tiga aspek penting kualitas informasi yaitu akurat (accuracy), ketepatanwaktu (timeliness) dan relevan (relevance). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kualitas informasi berdasarkan aspek akurat (accuracy), ketepatanwaktu (timeliness) dan relevan (relevance) dengan kinerja sistem informasi manajemen puskesmas (simpus) di puskesmas wilayah Kabupaten Ngawi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah pengguna simpus yang berada di 24 puskesmas wilayah Kabupaten Ngawi dengan jumlah 818 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 89 responden dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage random sampling. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis analitik dengan menggunakan korelasi rank spearman. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan komputer melalui program SPSS versi 16.0 Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas informasi berdasarkan aspek akurasi (accuracy) dengan kinerja simpus (nilai r = 0,715; p = 0,001), terdapat hubungan antara kualitas informasi berdasarkan aspek ketepatanwaktu (timeliness) dengan kinerja simpus (nilai r = 0,547; p = 0,001), terdapat hubungan antara kualitas informasi berdasarkan aspek relevan (relevance) dengan kinerja simpus (nilai r = 0,566; p = 0,001).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J410/2011 - 24
Uncontrolled Keywords: kinerja simpus, aspek akurasi (accuracy), aspek ketepatanwaktu (timeliness) dan aspek relevan (relevance).
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Dec 2011 08:13
Last Modified: 22 Nov 2019 06:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item