Pengaruh pemberian latihan aerobic intensitas ringan dan sedang terhadap penurunan kadar kolesterol dalam darah di aerobic and fitness center “fortuna”

KUSUMANINGRUM, NOVI (2011) Pengaruh pemberian latihan aerobic intensitas ringan dan sedang terhadap penurunan kadar kolesterol dalam darah di aerobic and fitness center “fortuna”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan_+_Cover.pdf

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Latar belakang : Semakin meningkatnya penderita kolesterol di Indonesia menjadikan peneliti ingin mengetahui cara mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Latihan fisik merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kelebihan kolesterol sekaligus untuk mencapai tingkat kesegaran jasmani yang baik serta dapat meningkatkan kemampuan fungsional. Tujuan : 1).mendeskripsikan pengaruh senam aerobik intensitas ringan terhadap penurunan persentase kolesterol badan, 2). mengetahui pengaruh senam aerobik intensitas sedang terhadap penurunan persentase kolesterol badan, dan 3).mendeskripsikan pengaruh antara senam aerobik intensitas ringan dan intensitas sedang terhadap penurunan persentase kolesterol badan. Metode : Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Dengan menggunakan pendekatan Pre and Post Test two group design. Sampel dalam penelitian ini masing- masing kelompok terdiri dari 14 peserta. Uji sampel dalam penelitian ini menggunakan uji program SPSS for windows. Hasil : ada pengaruh pemberian aerobik intensitas ringan terhadap penurunan kolesterol (p < 0,05). Kemudian pada intensitas sedang nilai signifikansi p=0,002 yang artinya ada pengaruh pemberian aerobik intensitas sedang terhadap penurunan kolesterol (p <0,05). Sedangkan untuk perbandingan keduanya, nilai signifikansi p= 0,223 yang artinya tidak ada perbedaan pengaruh antara intensitas ringan dengan intensitas sedang terhadap penurunan kolesterol (p > 0,05). Kesimpulan : 1) Ada pengaruh pemberian aerobik dengan intensitas ringan terhadap penurunan kolesterol, 2) Ada pengaruh pemberian aerobik dengan intensitas sedang terhadap penurunan kolesterol, dan 3) Tidak ada perbedaan pengaruh pemberian aerobik dengan intensitas ringan dan intensitas sedang terhadap penurunan kolesterol.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J110/2011 - 38
Uncontrolled Keywords: Kolesterol, Aerobik, Intensitas Ringan, Intensitas Sedang.
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Dec 2011 10:56
Last Modified: 16 Jan 2012 07:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16025

Actions (login required)

View Item View Item