PUTRI, INDAH PUSPITA (2011) Hubungan Persepsi Terhadap Kompetensi Kebribadian Guru dengan Keterlibatan Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (223kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (52kB) |
Abstract
Keterlibatan belajar siswa merupakan salah satu faktor terciptanya kesuksesan dalam proses belajar. Keterlibatan belajar siswa merupakan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kesuksesan dalam belajar serta menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar. Bagi siswa, keterlibatan dalam proses belajar dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga siswa terdorong untuk aktif dalam melakukan proses belajar. Faktor eksternal utama yang mempengaruhi keterlibatan belajar siswa adalah guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru dengan keterlibatan belajar siswa. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru dengan keterlibatan belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMK Harapan Kartasura kelas XI M.A 26 siswa, kelas XI M.B 25 siswa, Kelas XI O.A 22 siswa, dan kelas XI O.B 20 siswa. Total subjek ada 93 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru dan skala keterlibatan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,597; p = 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru dengan keterlibatan belajar siswa. Sumbangan efektif variabel persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru terhadap keterlibatan belajar siswa sebesar 35,6% ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) = 0,356. Hal ini berarti masih terdapat 64,4% variabel lain yang mempengaruhi keterlibatan belajar siswa diluar variabel persepsi terhadap kompetensi kepribadian guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK F100/2011 - 48 |
Uncontrolled Keywords: | persepsi, kepribadian guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Dec 2011 04:31 |
Last Modified: | 16 Jan 2012 05:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15974 |
Actions (login required)
View Item |