RAHAYADI, NOVIAN (2011) Hubungan antar Persepsi Siswa terhadap Ujian Nasional dengan Motivasi Belajar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (77kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
Abstract
Siswa kelas IX SMP dalam hal ini harus lebih giat lagi dalam belajar karena akan menghadapi Ujian Nasional (UN) sebagai salah satu syarat untuk bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat selanjutnya yaitu SMA. Standarisasi nilai rata-rata kelulusan dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Diharapkan dengan adanya standarisasi nilai kelulusan ujian nasional yang semakin mengalami peningkatan ini, para siswa dapat mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan belajar giat. Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Hal ini mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Hanya saja tingkat keseriusan para siswa dalam menyiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN) masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap Ujian Nasional (UN) dengan motivasi belajar, mengetahui sumbangan efektif antara persepsi siswa terhadap Ujian Nasional dengan motivasi belajar, mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) dan mengetahui tingkat persepsi siswa terhadap Ujian Nasional. Hipotesis penelitian ini adalah Ada hubungan positif antara persepsi siswa terhadap UN dengan motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Karangdowo, Klaten pada siswa kelas IX. Subjek penelitian berjumlah 77 siswa yang ditentukan menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi belajar dan skala persepsi siswa terhadap Ujian Nasional. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,510 dengan p ? 0,01 hal ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap Ujian Nasional dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap Ujian Nasional dengan motivasi belajar. Subjek penelitian ini memiliki tingkat motivasi belajar yang tergolong tinggi, sedangkan Persepsi terhadap Ujian Nasional yang dimiliki subjek tergolong sedang. Sumbangan efektif antara variabel persepsi siswa terhadap Ujian Nasional dengan motivasi belajar sebesar 26%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK F100/2011 - 50 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi terhadap Ujian Nasional, Motivasi Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Dec 2011 10:25 |
Last Modified: | 16 Jan 2012 04:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15966 |
Actions (login required)
View Item |