HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMU MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG

Catur Nugroho, cahyono (2011) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMU MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
Halaman_Depan.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (bab1)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (bab2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (bab3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (bab4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (bab5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa menurun merupakan permasalahan bagi pihak sekolah dan orang tua sehingga perlu dilakukan tindakan secepatnya agar prestasi belajar siswa meningkat. Di sisi lain, konsep diri siswa terhadap ulangan atau ujian di sekolah bersifat negatif. Konsep diri negatif siswa pada rasa takut kegagalan yang tinggi pada proses belajar sehingga menjadi penghambat dalam prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa SMU Muhammadiyah 1 Temanggung. (2) Peranan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa SMU Muhammadiyah 1 Temanggung. (3) Mengetahui tingkat konsep diri dan prestasi belajar siswa SMU Muhammadiyah 1 Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMU Muhammadiyah 1 Temanggung dari kelas IX sampai kelas XII berjumlah 221 siswa. Sampel dalam penelitian ini kelas XII terdiri dari dua kelas berjumlah 72 siswa, dengan rinciannya yaitu kelas XII IPA berjumlah 35 siswa dan kelas XII IPS berjumlah 37 siswa. Teknik samping yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara Cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan product moment. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar. Semakin tinggi konsep diri, maka semakin tinggi pula prestasi belajar. Sebaliknya, semakin rendah konsep diri maka semakin rendah pula prestasi belajar. (2) Peranan konsep diri terhadap prestasi belajar sebesar 20,8%, yang berarti masih terdapat 79,2% variabel-variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar di luar variabel konsep diri. Variabel-variabel tersebut di antaranya yaitu motivasi belajar, dukungan sosial orang tua, dan teman pergaulan. (3) Tingkat konsep diri termasuk kategori sedang dan prestasi belajar termasuk kategori sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Prestasi belajar, dan Korelasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 09 Dec 2011 10:23
Last Modified: 09 Dec 2011 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15921

Actions (login required)

View Item View Item