SUSILO, ANDRI (2011) Analisis Kelayakan Waralaba dan Pemasaran dengan Metode BCG (Boston Consulting Group ) (Studi kasus : warung Bakso dan Mie ayam Pak Dani Sine, Ngawi, Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (284kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
Abstract
Permintaan bakso di kalangan masyarakat sekarang ini sangatlah tinggi, karena makanan ini sangat lezat, enak, bergizi, mudah dicari. Keinginan produsen untuk mengukur tingkat kelayakan usahanya dan permintaan konsumen untuk mendirikan waralaba serta analisa pemasaran dengan pesaingnya. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis studi kelayakan terhadap warung makan Pak Dani yang menjajakan Bakso dan Mie ayam yang telah berdiri sejak tahun 1998. Dan kelayakan waralaba jika usaha ini telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan untuk menjadi daftar waralaba. Serta analisa pemasaran dengan menggunakan metode BCG dengan warung makan Pak mantep dan pewaralaba Bakso Cak Eko malang. Hasil analisis aspek pasar permintaan pasar terus meningkat, kebutuhan bakso didaerah tersebut sangat tinggi dengan area pegunungan yang cocok dengan makanan panas. Aspek tehnik suasana dan udara yang dingin serta mendapatkan tenaga kerja mudah dan pembelian bahan baku cukup dekat. Aspek lingkungan mengatasi persoalan limbah yang di hasilkan dari warung ini pemilik akan memberikan dan menyetorkan kepada peternak bebek atau angsa yang berada di dekat warung untuk sebagai pakan ternak. Aspek keuangan NPV diperoleh hasil Rp 462.577,00, Payback Period 1tahun 10 bulan 1 hari, Break Even Poin ( BEP ) yaitu 579 porsi. Internal Rate of Return 5%. Untuk waralaba warung ini sudah memunuhi persyaratan untuk daftar mendirikan waralaba. Untuk analisa pemasaran cukup dikatakan tinggi, untuk pertumbuhan pasar 19%, pangsa pasar relative Bakso Pak Dani pada tahun 2009 sebesar dan 2010 menunjukkan pada kuadran 2 (Star) dengan Bakso Pak Mantep, dan menunjukkan pada kuadran 1 (Question Mark) dengan Bakso Cak Eko Malang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK D600/2011 - 16 |
Uncontrolled Keywords: | Aspek, Bakso, BCG (Boston Consulting Group), Mie ayam, Kelayakan ,Waralaba, |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2011 10:29 |
Last Modified: | 13 Jan 2012 09:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15887 |
Actions (login required)
View Item |