Upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV Melalui Permainan Cerita Berantai di SD Negeri Brojol I Kecamaatan Miri Kabupaten Sragen

Purnomo, Azis (2011) Upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV Melalui Permainan Cerita Berantai di SD Negeri Brojol I Kecamaatan Miri Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan permainan Cerita Berantai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Brojol 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen yang berjumlah 24 siswa, sedangkan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu wawancara, observasi, tes/pemberian tugas dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan permainan Cerita Berantai kemampuan berbicara siswa meningkat. Hal itu ditandai dengan : 1) Kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara sebelum tindakan ada 12 siswa (50,00%), pada siklus I ada 17 siswa (70,83%) dan siklus II ada 22 siswa (91,67%). 2) Hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara sebelum tindakan ada 13 siswa (57,17%), pada siklus I ada 15 siswa (62,50%) dan pada siklus II ada 24 siswa (91,67%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan permainan Cerita Berantai dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbicara, cerita berantai.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2011 06:27
Last Modified: 05 Dec 2011 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15763

Actions (login required)

View Item View Item