Susanti, Dwi (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Melalui Pendekatan Belajar Tuntas (Mastery Learning) pada Siswa Kelas V SD Negeri I Pule Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (92kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) |
Abstract
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika di SD Negeri I Pule pada siswa kelas V melalui pendekatan tuntas dan (2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri I Pule melalui pendekatan belajar tuntas. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri I Pule, yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari indikator banyaknya siswa: a) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 17,6% meningkat menjadi 47% pada akhir tindakan, b) aktif bertanya sebelum tindakan 23,5% meningkat menjadi 70,05% pada akhir tindakan, c) menanggapi pendapat teman sebelum tindakan 23,5% meningkat menjadi 64,7% pada akhir tindakan, d) peningkatan nilai ketuntasan KKM lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 29,4% meningkat menjadi 82,3% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan belajar tuntas (Mastery Learning) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pendekatan belajar tuntas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Dec 2011 06:05 |
Last Modified: | 05 Dec 2011 06:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15761 |
Actions (login required)
View Item |