PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII A SMP MUHAMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2011/2012

YUNIARTI, PUSPA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII A SMP MUHAMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UMS.

[img]
Preview
PDF
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF
09._LAMPIRAN.pdf

Download (39MB)

Abstract

Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman belajara siswa dan keaktifan belajar siswa Kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak Boyolali materi ciri-ciri makhluk hidup Tahun Ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Strategi Reading guide dan Talking stick. Strategi Reading guide merupakan strategi pembelajaran untuk memahami materi belajar siswa dengan membaca teks bacaan yang dapat di buat oleh guru ataupun buku panduan maupun literatur lain. Strategi Talking stick merupakan strategi pembelajaran dimana bermain sedang belajar dengan menggunakan stick diputar dengan cara dibentuk secara kelompok lalu untuk membuat suasana lebih menyenangkan maka dapat dibunyikan suara music sebagai pengiring selama tongkat di putar dan saat stick berhenti setelah musik dihentikan maka siswa diwajibkan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan pada siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar di kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak Boyolali. Sebelum pelaksanaan tindakan penelitian untuk ranah kognitif produk didapat nilai rata- rata kelas 60,71 (Belum tuntas) atau hanya 33,34% < KKM 68 siswa yang mencapai di atas KKM. Pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata kelas 68,92 (Tuntas)/61,53% > KKM 68, dan siklus II 75,27 (Tuntas)/92,30% > KKM 68. Untuk ranah afektif pada Reading Guide siklus I 13,41 atau (cukup baik) dan siklus II 19,125 (Amat Baik), sedangkan pada Talking stick siklus I 14,15 (Baik) dan siklus II 20,12 (Amat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: secara keseluruhan baik penelitian kognitif dan penilaian perilaku afektif ada peningkatan pemahaman belajar biologi menggunakan Strategi Reading Guide dan Talking Stick siswa kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penguasaan konsep belajar biologi, strategi pembelajaran reading guide dan talking stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2011 12:57
Last Modified: 30 Nov 2011 20:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15730

Actions (login required)

View Item View Item