UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI PERMAINAN KALENG BERSUARA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BAKTI VI KELOMPOK A TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

MARWANTI, SITI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI PERMAINAN KALENG BERSUARA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BAKTI VI KELOMPOK A TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALDEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (BAP1)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (BAP2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (BAP3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (BAP4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (BAP5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTARPUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa melalui permainan kaleng bersuara di Taman Kanak-Kanak Islam Bakti VI kelompok A kebakkramat. Penelitian ini dilaksanakan dengan media permaianan kaleng bersuara, dengan jumlah anak 15 anak. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perkembangan kemampuan berbahasa anak sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajan berbahasa menggunakan permaianan kaleng besuara serta pengumpulan gambar-gambar saat pembelajaran berbahasa. Data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu perbandingan prosentase melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tentang perkembangan kemampuan berbahasa melalui permainan kaleng bersuara diperoleh hasil pada pra siklus 40,6%, siklu I 57,7%, siklus II 79,9%. Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan kaleng bersuara di TK Islam Bakti VI Kelompok A tahun ajaran 2011/2012 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 75% ternyata pada siklus II sudah melebihi dari target yaitu 79,9%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-032
Uncontrolled Keywords: Permainan Kaleng Besuara, Berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:04
Last Modified: 11 Jan 2012 05:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15659

Actions (login required)

View Item View Item