MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAN GERAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TOYS DAN TRICK SISWAKELAS V SD N WALENG KECAMATANGIRIMARTO KABUPATEN WONOGIRITAHUNPELAJARAN 2010 / 2011

RAHMAWATI, ZULAIKHA (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAN GERAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TOYS DAN TRICK SISWAKELAS V SD N WALENG KECAMATANGIRIMARTO KABUPATEN WONOGIRITAHUNPELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA siswa tentang gaya dan gerak melalui model pembelajaran toys dan trick. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N I Waleng yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa tentang gaya dan gerak meningkat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi gaya dan gerak setelah diterapkan model pembelajaran toys dan trick dari 33,33 % pada pra siklus 45,83 % pada siklus I, 58,33 % pada siklus II, dan 79,17% pada siklus III. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran toys dan trick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-053
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA,Model toys dan trick.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 06:44
Last Modified: 11 Jan 2012 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15644

Actions (login required)

View Item View Item