YULIAWATI, PRAJUWITA RAWIE (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN POLA KALIMAT DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI KEBONHARJO TAHUN AJARAN 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan_Prajuwita.pdf Download (79kB) |
|
|
PDF (BAB I)
Bab_1.pdf Download (19kB) |
|
PDF (BAB II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (BAB III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (BAB IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (BAB V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan pemahaman pola kalimat pada siswa melalui penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions); (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode STAD. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Kebonharjo Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Kebonharjo Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 orang siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Sumber data diperoleh dari pengamatan guru, peristiwa serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kooperatif dengan metode STAD dapat meningkatkan pemahaman pola kalimat pada siswa kelas III SD Negeri Kebonharjo, Polanharjo, Klaten tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penilaian terhadap pemahaman pola kalimat menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode STAD pada kondisi awal pemahaman pola kalimat hanya mencapai rata-rata 50,9. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi ratarata 69,8 dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 93,1; (2) Pembelajaran kooperatif dengan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kebonharjo, Polanharjo, Klaten tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penilaian terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode STAD pada kondisi awal hasil belajar hanya mencapai rata-rata 57,9. siklus I meningkat menjadi 72,9 dan siklus II semakin meningkat menjadi 84,1 dan semua siswa menunjukkan ketuntasan dalam belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman pola kalimat, hasil belajar, student teams achievement divisions |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2011 05:37 |
Last Modified: | 28 Nov 2011 05:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15639 |
Actions (login required)
View Item |