HARYANI, SRI WIDI (2011) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VI SDN 03 SROYO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (41kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran matematika melalui pendekatan Problem Posing, (2) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada materi bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan Problem Posing. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VI SD Negeri 03 Sroyo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa sebagai subjek penelitian yang menerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, catatn lapangan, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskripsimkualitatif dengan metode alur. Prosedur tindakan kelas ditempuh dalam 3 siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator pencapaian penelitian ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas VI pada pelajaran matematika = 62,00 mencapai 75 % khususnya dalam menyelesaikan soal-soal bilangan bulat, serta terjadi peningkatan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman materi bilangan bulat pada siswa kelas VI SDN 03 Sroyo yang disertai peningkatan hasil belajar siswa. Pada tindakan siklus I siswa yang mendapat nilai = 62,00 mencapai 26 %, siklus II mencapai 47 %, dan siklus III mencapai 88 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bilangan Bulat dan Problem Posing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Nov 2011 05:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2011 05:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15625 |
Actions (login required)
View Item |