NURYANTO, RIDWAN (2011) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KERUKUNAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV, V, DAN VI SD NEGERI 3 BENTANGAN KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (51kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar PUstaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) Pengaruh kerukunan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, (3) Pengaruh motivasi belajar dan kerukunan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri III Bentangan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, sedangkan waktu penelitian adalah bulan Mei sampai Agustus 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI SD Bentangan Negeri III Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, dengan jumlah 48 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, metode tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji determinansi. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh dari motivasi belajar dan kerukunan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, dengan persamaan regresi Y=3,615+0,084X1+0,009X2, dimana signifikannya pengaruh tersebut ditunjukkan oleh nilai Fhitung (60,097) yang lebih besar dari nilai F tabel (3,20), (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar secara sendiri terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai t hitung (3,350) yang lebih besar dari ttabel (2,01), (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kerukunan keluarga secara sendiri terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai thitung (0,353) lebih kecil dari ttabel (2,01).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-054 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Kerukunan keluarga, Prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2011 10:10 |
Last Modified: | 11 Jan 2012 05:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15614 |
Actions (login required)
View Item |