PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN TIPOLOGI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SEMESTER II SISWA KELAS IV SDN 02 JATISUKO TAHUN 2010/2011

SUMIAJI, JAMBANG WASSISO (2011) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN TIPOLOGI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SEMESTER II SISWA KELAS IV SDN 02 JATISUKO TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Matematika semester II siswa kelas IV SDN 02 Jatisuko Tahun 2010/2011, (2) Mengetahui pengaruh tipologi belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terhadap prestasi belajar Matematika semester II siswa kelas IV SDN 02 Jatisuko Tahun 2010/2011, dan (3) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan tipologi belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terhadap prestasi belajar Matematika semester II siswa kelas IV SDN 02 Jatisuko Tahun 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa dalam kategori rendah (57,00%), tipologi belajar siswa (visual, auditori, dan kinestetik) dalam kategori baik (74,48%), dan prestasi belajar siswa dalam kategori cukup (69,5). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Ŷ= 0,526X1 + 1,340X2 + 21,685. Uji keberartian persamaan regresi secara parsial untuk kecerdasan emosional diperoleh hitungt= 4,759 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 dan besarnya 1= + 0,526, yang berarti bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Matematika, untuk tipologi belajar diperoleh hitungt= 3,308 dengan probabilitas 0,003 < 0,05 dan besarnya 2= + 1,340, yang berarti bahwa tipologi belajar (visual, auditori, dan kinestetik) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Matematika siswa. Sedangkan secara simultan diperoleh 1= + 0,526, 2= + 1,340, dan hitungF= 37,005 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan tipologi belajar (visual, auditori, dan kinestetik) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Matematika. Besarnya sumbangan relatif X1 dan X2 tehadap Y masing-masing adalah 50,47% dan 49,63%. Besarnya sumbangan efektif kecerdasan emosional dan tipologi belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terhadap prestasi belajar Matematika mencapai 77,90%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-053
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Tipologi Belajar (visual, auditori, dan kinestetik), dan Prestasi Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2011 10:04
Last Modified: 11 Jan 2012 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15613

Actions (login required)

View Item View Item