PUTRA , AFANDY RACHMAN (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Gondang, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (93kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran_-lampiran_.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga, (2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa selama proses pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga.. Pendekatan penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII G SMP N 2 Gondang Sragen, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 53,13%, (2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 68,75%, (3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 46,88%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-054 |
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Matematika, Learning Tournament, alat-peraga. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2011 09:36 |
Last Modified: | 11 Jan 2012 05:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15580 |
Actions (login required)
View Item |