PENDIDIKAN NILAI KEBANGSAAN DALAM FILM DENIAS SENANDUNG DI ATAS AWAN (Analisis Semiotika Terhadap Film Denias Senandung di Atas Awan)

INDRI, INDRI (2011) PENDIDIKAN NILAI KEBANGSAAN DALAM FILM DENIAS SENANDUNG DI ATAS AWAN (Analisis Semiotika Terhadap Film Denias Senandung di Atas Awan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendiskripsikan pesan-pesan moral positif yang terkandung dalam film Denias Senandung Di Atas Awan. (2) Untuk menggambarkan nilai-nilai kebangsaan yang diungkap dalam film Denias Senandung Di Atas Awan. (3) Untuk mengetahui dampak pesan pendidikan kebangsaan terhadap keluarga dimana Denias tinggal dalam film Denias Senandung Di Atas Awan. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika. Dalam penelitian ini semiotika digunakan untuk mengetahui Perjuangan seorang anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak melalui tanda yang berupa gambar, gerak maupun tanda perilaku, perkataan atau pemikir pemeran maupun tindakan atau tingkah laku pemeran film Denias Senandung Di Atas Awan yang menggambarkan atau menunjukkan perjuangan seorang Denias untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Penelitian ini merupakan studi semiotika. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pendidikan Nilai Kebangsaan Dalam Film Denias Senandung Di Atas Awan (Analisis Semiotika Terhadap Film Denias Senandung di Atas Awan) dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Film merupakan salah satu media massa yang dapat digunakan untuk media pembelajaran guna menanamkan nilai positif yang terkandung dalam film kepada para semua orang, khususnya para pelajar. Melalui film, pendidikan nilai kebangsaan dikemas dengan menarik dan pesan-pesan yang disampaikan tidak monoton sehingga masyarakat akan tertarik untuk menonton film tersebut.(2) Pendidikan adalah usaha sadar yang terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. (3) Pendidikan nilai kebangsaan dalam film Denias Senandung Di Atas Awan Ini dapat dilihat dari adegan dan dialog film tersebut. Indikator dalam film Denias Senandung Di Atas Awan Ini yang menggambarkan pendidikan nilai kebangsaan yaitu, pendidikan pada diri sendiri, pendidikan nilai pada keluarga, pendidikan nilai pada masyarakat Papua. (4) Analisis semiotika adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui suatu keadaan yang sebenarnya yang berkenaan dengan tanda, kode, penandaan, serta penggunaannya yang berada dalam kehidupan masyarakat. Semiotika pada film Denias Senandung Di Atas Awan dilihat dari konsep yang ada dalam film tersebut yang menyajikan konsep realitas tentang pendidikan nilai kebangsaan dalam kehidupan dewasa ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011 - 42
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Nilai Kebangsaan, Analisis Semiotika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2011 07:15
Last Modified: 10 Jan 2012 07:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item View Item