ANALISIS WACANA ‘’PLAYMAKER’’ PADA TABLOID SOCCER EDISI APRIL-MEI 2011 SEBAGAI BAHAN AJAR MPBSI DI SMA TINJAUAN ASPEK GRAMATIKAL

ANDRISMAN, FAJAR TONI (2011) ANALISIS WACANA ‘’PLAYMAKER’’ PADA TABLOID SOCCER EDISI APRIL-MEI 2011 SEBAGAI BAHAN AJAR MPBSI DI SMA TINJAUAN ASPEK GRAMATIKAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bersifat analisis dengan mengambil materi Aspek Gramatikal yang terdapat dalam wacana playmaker, dan bentuk wacana playmaker bila dikaitkan dengan bahan ajar MPBSI (Mata Pelajaran Bahasa, dan Sastra Indonesia) di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi aspek gramatikal yang terdapat dalam wacana playmaker dan mengidentifikasi bagaimana bentuk wacana playmaker bila dijadikan bahan ajar MPBSI di SMA. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan catat. Analisis selanjutnya menggunakan metode agih dengan teknik BM (Baca Markah). Hasil dari penelitian diperoleh, aspek gramatikal Pengacuan (reference) sebanyak 101 data yang terdiri dari 67 pengacuan persona, 28 pengacuan demonstratif, dan 6 pengacuan komparatif. Penyulihan (Subtitusi) terdapat 10 data, yang terdiri dari 2 substitusi nominal, 2 substitusi verbal, 4 substitusi frasal, dan 2 substitusi klausal. Pelesapan (ellipsis) terdapat 3 data, yang meliputi pelesapan kata aku, mendengarkan, dan satuan lingual kemampuan yang aku miliki. Perangkaian (conjuction) terdapat 101 konjungsi, yang meliputi 2 konjungsi sebab, 8 konjungsi karena, 2 konjungsi tetapi, 12 konjungsi namun, 2 konjungsi malah, 2 konjungsi walaupun, 41 konjungsi dan, 19 konjungsi juga, 2 konjungsi serta, 4 konjungsi atau, dan 7 konjungsi apa. Wacana playmaker ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Terdapat 7 SKKD (Standar Kompetensi Kompetensi Dasar) di SMA yang cocok bila wacana playmaker sebagai bahan ajarnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Gramatikal, Bahan Ajar, SKKD, dan MPBSI.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Nov 2011 09:09
Last Modified: 17 Nov 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15489

Actions (login required)

View Item View Item