PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KELOMPOK METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

PURWANINGSIH, DENI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KELOMPOK METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran kelompok metode Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis pene litian kualitatif berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sidoharjo Sragen pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilaksanakan terhadap siswa kelas VII C yang berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dengan indikator pencapaian jika 75% siswa sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) maka penelitian dinyatakan sudah berhasil. Nilai KKM mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 1 Sidoharjo Sragen adalah 7,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Cooperative metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sidoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Hasil belajar ekonomi siswa meningkat dari 55,8% pada kondisi awal menjadi 72,8% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 86,7% pada akhir siklus II. Langkah- langkah yang berhasil dicapai dalam pembelajaran Cooperative Jigsaw antara lain: interaksi antara guru dan siswa sudah meningkat, ketercapaian kompetensi (hasil belajar) sudah meningkat, minat siswa dalam mengikuti pembelajaran sudah meningkat, rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran meningkat, dan siswa sudah dapat bekerja sama secara kooperatif untuk mempelajari materi pelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kelompok, metode Jigsaw, hasil belajar ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Nov 2011 06:12
Last Modified: 16 Nov 2011 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item