Hubungan akhlaq karimah guru dengan perilaku sosial keagamaan siswa di mts al-irsyad tengaran tahun 2006/2007

Basyirun, Muhammad (2007) Hubungan akhlaq karimah guru dengan perilaku sosial keagamaan siswa di mts al-irsyad tengaran tahun 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAM_DEPAN.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Akhlaq karimah adalah salah satu tujuan diutusnya Nabi Muhammad ρ. Oleh karena itu sebagai pendidik, guru dalam berperilaku harus mencerminkan perbuatan yang baik. Hal itu disebabkan oleh karena penanaman akhlaq pada siswa akan lebih mudah apabila guru memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, dan bukan hanya dengan bicara, karena dengan teladan yang baik akan lebih mengena pada hati anak didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah akhlaq karimah guru di MTs Al-Irsyad? Bagaimanakah perilaku siswa di MTs Al-Irsyad? Dan adakah hubungan akhlaq karimah guru dengan perilaku siswa di MTs Al-Irsyad? Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka mencari hubungan antara akhlaq karimah guru dengan perilaku siswa MTs Al-Irsyad Tengaran. Adapun manfaatnya dibagi menjadi dua, secara teoritis dan secara praktis. Secara teoritis penelitian ini memberikan sumbangan pemikiran bagi Ilmu Pendidikan Islam pada umumnya dan pendidikan akhlak pada khususnya, terutama mengenai hubungan akhlaq karimah guru dengan perilaku siswa. Secara praktis, memberikan masukan kepada Pesantren Islam Al-Irsyad untuk dijadikan pertimbangan dalam meningkatkan akhlaq karimah guru dan siswa. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisa statistik Korelasi Pearson. Yang mana dalam penghitungannya menggunakan cara manual dan memperkuat hasilnya digunakan pula program analisis komputer SPSS versi.11. Penelitian ini menyimpulkan bahwa akhlaq karimah guru belum bisa sepenuhnya seperti yang digariskan dalam Al-Quran dan As-Sunnah, seperti kurang bisa memberikan keteladanan, mudah marah, kurang sabar dan kurang intropeksi diri. Adapun perilaku sosial keagamaan siswa, baik, seperti saling menghargai dalam perselisihan, memberikan teladan yang baik di hadapan teman- teman, menerima nasehat yang bermanfaat dan kritik yang membangun dan bersahabat dengan orang yang baik dan berperilaku mulia, meskipun ada beberapa yang belum merealisasikan akhlaq karimah, seperti kurang memiliki sopan santun, suka mengganggu teman dan lain-lain. Hasil nilai korelasi -0,183 menunjukkan bahwa tidak ada hubungan positif antara akhlaq karimah guru dengan perilaku siswa di MTs Al-Irsyad, karena angka tersebut sangat rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akhlaq Karimah, Guru, Perilaku Siswa, Al-Irsyad Tengaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 15 Nov 2011 11:07
Last Modified: 20 Mar 2012 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15454

Actions (login required)

View Item View Item