HARTONO PUTRI, YAHYA (2007) PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT (SPEED READING) DAN PEMAHAMAN BACAAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (MODALITAS BELAJAR). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (151kB) |
|
|
PDF (bap1)
BAB_I.pdf Download (78kB) |
|
PDF (bap2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (bap3)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (bap4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (bap5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
|
PDF (lampiran)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
Abstract
Setiap orang belajar dengan cara yang berbeda, dengan mengetahui cara belajar dapat memudahkan dalam menyerap ilmu dan mengkomunikasikan secara efektif. Cara yang digunakan dalam menyerap dan memproses informasi dapat disebut dengan istilah gaya belajar (modalitas belajar). Gaya belajar dibagi dalam beberapa tipe yaitu; tipe visual, tipe auditori, tipe read, tipe kinestetic. Tipe gaya belajar tersebut mempunyai ciri- ciri yang dapat membedakan antara satu tipe dengan tipe lainnya. Membaca merupakan salah satu cara dalam belajar, kebutuhan akan informasi dan pengetahuan relatif tinggi, namun aktivitas keseharian yang padat membuat waktu untuk membaca menjadi sedikit. Jalan keluar dari masalah tersebur adalah dengan membaca bahan bacaan secara cepat. Kebiasaan- kebiasaan yang menghambat dalam membaca cepat perlu dihilangkan, kebiasaan- kebiasaa tersebut termasuk kedalam ciri- ciri dari beberapa tipe gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan ditinjau dari gaya belajar (modalitas belajar). Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan kecepatan membaca dan pemahaman ditinjau dari gaya belajar (modalitas belajar). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasisiwa semester II Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Alat ukur menggunakan angket gaya belajar dari Fleming, bahan bacaan serta soal- soal yang berhubungan dengn bahan bacaan yang akan mengukur pemahaman subjek. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Analisis variansi 1- jalur, edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pramadiingsih, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Diperoleh nilai Fsebesar 0,868 dengan p= 0,536 pada variabel kecepatan membaca dan F sebesar 2,462 dengan p= 0,086 (p > 0,05) pada variabel pemahaman. Hasil ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan baik kecepatan membaca maupun pemahaman ditinjau dari gaya belajar (modalitas belajar). Untuk meningkatkan pemahaman dan kecepatan membaca dapat menggunakan gaya belajar yang bervariasi sesuai dengan kebtuhan individu.
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT (SPEED READING),PEMAHAMAN BACAAN ,GAYA BELAJAR (MODALITAS BELAJAR) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 01 Nov 2011 10:00 |
Last Modified: | 01 Nov 2011 10:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15305 |
Actions (login required)
View Item |