PENGARUH PELATIHAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI

Safitri, Hanung (2007) PENGARUH PELATIHAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI. Diploma thesis, universitas muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

menimbulkan hambatan besar dalam menjalankan kegiatan sehari hari. Sikap seseorang yang menunjukan dirinya tidak percaya diri antara lain didalam berbuat sesuatu yang penting dan penuh tantangan selalu dihinggapi keragu raguan, mudah cemas, tidak yakin, cenderung menghindar, tidak punya inisiatif, mudah patah semangat, tidak berani tampil didepan orang banyak, dan gejala kejiwaan lain yang menghambat seseorang untuk melakukan sesuatu akan tetapi kjetika seseorang dalam menghadapi masalah berusaha untuk mengatasinya bukan menghindarinya maka seseorang akan lebih mampu untuk menghadapi masalah secara nyata, jujur, dan tidak menjauhinya merupakan salah satu motivasi dalam meningkatkan kepercayaan diri. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang diberikan pelatihan motivasi berpreastasi dimana pelatihan motivasi berprestasi salah satu usaha untuk mengajarkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap tentang motivasi berprestasi yang nantinya akan membawa perubahan energi didalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif atau perasaan dan reaksi untuk mengatasi rintangan, melatih kekuatan dan untuk mencapai sukses. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh pelatihan motivasi berprestasi terhadap kepercayaan diri. Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Sine, Ngawi, Jawa Timur. Sedangkan sampel yaitu kelas sebelas IPS 2 untuk uji coba penelitian berjumlah 37 orang, dan kelas IPS 3 untuk kelompok eksperimen berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive non random sampling dimana subyek penelitian diambil berdasarkan ciri ciri yang telah ditentukan yaitu siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sine, Ngawi, Jawa Timur yang duduk di kelas sebelas IPS 2 dan 3, belum pernah mengikuti pelatihan dan bersedia mengikuti eksperimen. Untuk menguji hipotesis menggunakan teknik analisis data yaitu Mann- Whitney U-Test. Pelatihan motivasi dapat memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap peningkatan kepercayaan diri yang ditunjukan dengan nilai Z sebesar 2,830 dengan p< 0,01. Rerata pada post test lebih tinggi dari pada rerata pada pre test. Hal ini dilihat pada nilai rerata rata-rata kepercayaan diri pada pretest = 16,143. Nilai rata-rata kepercayaan diri pada postest = 26,857.. Sumbangan efektif pelatiahan motivasi berprestasi terhadap variabel kepercayaan diri sebesar 14,2%. Diperoleh dari koefisien determinan sebesar (R2) = 0,142. Dengan demikian dikatakan pada kelompok eksperimen ada perbedaan yang signifikan antara sebelum mengikuti pelatihan dan sesudah mengikuti pelatihan motivasi berprestasi. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pelatihan motivasi berprestasi terhadap kepercayaan diri.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PELATIHAN, MOTIVASI BERPRESTASI,KEPERCAYAAN DIRI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 31 Oct 2011 10:22
Last Modified: 31 Oct 2011 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15280

Actions (login required)

View Item View Item