MULYANI, SRI (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI PADA KELAS AKSELERASI DI SMA NEGERI 1 SRAGEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (64kB) |
|
|
PDF (bab.1)
BAB__1.pdf Download (32kB) |
|
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (11kB) |
|
PDF (bab.2)
BAB__2.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (bab.3)
BAB__3.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (bab.4)
BAB__4.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (bab.5)
BAB__5.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (bab.6)
BAB__6.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Ciri-ciri pembelajaran budi pekerti yang dilakukan oleh guru pada kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Sragen 2. Strategi pembelajaran budi pekerti agar dapat menghasilkan nilai-nilai luhur yang diharapkan. 3. Hambatan dan kendala apa yang dirasakan oleh guru dalam pembelajaran budi pekerti sehingga menghasilkan nilai-nilai luhur. Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan melalu i instrumen berbentuk observasi, dokumentasi; wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: Pembelajaran budi pekerti di kelas akselerasi dapat dilakukan dengan: a. menyediakan pengalaman belajar yang memungkinkan siswa bertanggungjawab dalam membuat rancangan, proses, dan penelitian; b. menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa; c. Memonitor, mengevaluasi, dan menunjukkan apakah pemikiran si siswa jalan atau tidak. Dalam pembelajaran budi pekerti di kelas akselerasi guru berperan sebagai mediator dan fasilitator bukan sebagai pentransfer ilmu pengetahuan. Untuk mewujudkan adanya keteladanan yang baik dari guru atau kepala sekolah dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan jalan: (1) Sebagai contoh (teladan); (2) Menciptakan komunikasi yang baik antar warga sekolah; (3) Memberikan instruksi kepada semua warga sekolah; (4) Menberikan fasilitas yang memadai; (5) Menciptakan kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai-nilai moralitas pada siswa; (6) Membuat kerja sama dengan orang tua siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Pembelajaran, Budi Pekerti, Kelas Akselerasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 20 Oct 2011 10:40 |
Last Modified: | 20 Oct 2011 10:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15187 |
Actions (login required)
View Item |